Kamis, 16 Februari 2012

Lemon (sitrun) dari minuman hingga untuk kecantikan

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Rosids
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Citrus
Spesies: C. limon

Nama binomial
Citrus limon
(L.) Burm.f.

Sitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.


Pohon berukuran sedang ini (dapat mencapai 6 m) tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).Beberapa kultivarnya antara lain 'Eureka', 'Lisbon' dan 'Meyer'.

 Jeruk Lemon yang ada di dalam kulkas atau keranjang buah Anda, memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Simak manfaat jeruk lemon berikut:

Pengelupasan kulit mati
Sel kulit mati membuat kulit wajah menjadi kasar dan tampak kusam. Untuk menghaluskan kulit, caranya mudah saja, gosokkan air perasan lemon yang telah dicampurkan dengan satu sendok makan gula.

Memudarkan kerutan
Lemon berguna juga untuk memudarkan kerutan wajah. Rebus setengah cangkir susu yang dicampur dengan tiga sendok makan jus lemon. Diamkan sebentar untuk mendinginkan campuran, saat campuran masih terasa hangat, balurkan pada seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit, setelahnya, bilas wajah dengan air dingin, untuk menutup kembali pori-pori.
Menghaluskan kulit
Campurkan parutan kulit lemon dengan gula pasir, lalu larutkan dalam minyak zaitun. Diamkan selama 30 menit dan gunakan sebagai body scrub. Campuran ini baik untuk menghaluskan bagian kulit yang kering, seperti siku, mata kaki, dan lutut.

Mencerahkan
Kandungan lemon kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Bagi lemon menjadi dua, lalu usapkan setengah potongan lemon pada wajah selama lima hingga sepuluh menit. Lalu bilaslah wajah menggunakan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan tersebut setiap hari.

Obat jerawat
Awalnya mungkin cukup mengerikan jika membayangkan lemon yang kecut dan asam diteteskan ke atas jerawat. Namun ternyata, perasan lemon yang dioleskan ke wajah mampu menyembuhkan jerawat dan menghilangkan komedo.

Memudarkan Bintik Hitam
Jika Anda menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, kulit akan akan rentan terhadap bintik hitam. Bintik-bintik hitam bisa jadi tanda penuaan kulit. Hilangkan bintik tersebut dengan seiris lemon, kemudian tempelkan pada area yang berbintik dan diamkan selama 10 menit. Lakukan perawatan ini seminggu sekali sampai bintik tersebut hilang.



Melembabkan
Kulit yang kering terlihat kusam dan bersisik. Untuk melembabkannya, campur satu buah lemon yang telah dijus dengan dua sendok makan minyak zaitun, lalu pulaskan pada wajah dan tubuh. Diamkan campuran pada kulit selama lima hingga sepuluh menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat.

Ketombe
Lemon juga ampuh dalam membasmi ketombe. Usapkan tiga sendok air lemon pada rambut dan kulit kepala, pijatlah kepala selama lima menit, kemudian bilas rambut dengan air dingin. Lakukanlah perawatan ini setiap hari agar ketombe segera hilang dari kulit kepala Anda.

Memutihkan dan menguatkan kuku
Rendam tangan dan kuku selama 5 menit dalam satu cangkir air hangat yang telah dicampur setengah buah perasaan lemon. Tahap selanjutnya, gosokkan kuku dengan irisan lemon. Lalu rendam kembali tangan dalam air dingin. Lemon menjadikan kuku lebih kuat dan membuat kuku lebih putih.

Penyegar nafas
Berkumur dengan campuran perasan lemon dan air putih dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Dapat juga dengan cara menghisap potongan lemon, kemudian meminum air putih setelahnya.



Menyempurnakan hasil tanning
Berjemur di pantai atau melakukan tanning sendiri terkadang menghasilkan warna kulit yang tak sesuai dengan keinginan, tak sesempurna jika dilakukan di salon kecantikan. Untuk menyiasati munculnya belang-belang di kulit karena proses tanning yang kurang tepat, gosokkan sepotong lemon di area yang diinginkan. Rasa sejuk dari lemon akan meredakan iritasi yang timbul setelah berjemur.

 Highlight rambut
Campurkan perasan lemon dengan conditioner dan oleskan pada rambut sebelum bepergian di bawah terik matahari. Hasilnya, akan muncul highlight pada rambut Anda seolah baru saja dicat di salon.

Mencerahkan pakaian
Ketimbang menggunakan pemutih pakaian, tambahkan 1/4 hingga 1/2 cangkir jus lemon ke dalam cucian Anda. Pakaian putih yang semula memudar akan menjadi cerah lagi.

Pereda nyeri tenggorokan
Tenggorokan nyeri memang paling tidak nyaman. Untuk meredakannya, potong lemon menjadi dua, lalu tusukkan satu potongan ke tusuk sate, dan bakar di atas nyala api sedang atau pembakar elektrik dalam pengaturan tinggi. Panggang sampai kulitnya berubah menjadi coklat keemasan. Biarkan menjadi dingin, campurkan perasan airnya dengan satu sendok teh madu, lalu telan.



Manfaat Lemon Untuk Turunkan Berat Badan
Bila ingin menurunkan berat badan, cobalah minum secangkir campuran air hangat dan perasan lemon di pagi hari. Tak hanya membantu meningkatkan metabolisme, kandungan vitamin pada lemon juga akan membuat Anda segar sepanjang hari.

Ahli nutrisi dan penulis buku 'Fat Flush for Life', Ann Louise Gittleman, merekomendasikan untuk mengganti kebiasaan minum kopi dengan segelas campuran air hangat dan lemon di pagi hari.

Kombinasi ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk membantu menurunkan berat badan, tetap terhidrasi sepanjang hari, meningkatkan metabolisme serta meningkatkan asupan vitamin C.

Air hangat dan lemon merupakan kombinasi sempurna untuk pagi hari. Air membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Tubuh akan menyimpan lemak lebih banyak ketika Anda mengalami dehidrasi karena ginjal membutuhkan bantuan dari hati untuk berfungsi dalam kondisi tersebut. Hal ini dapat menghambat
kemampuan hati untuk membakar lemak. Air juga merupakan penekan nafsu makan alami.



Selain itu, minum air jeruk lemon di pagi hari dapat merangsang pencernaan. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Kurangnya serapan nutrisi dapat menyebabkan Anda cepat lapar, bahkan pada saat Anda selesai makan.

Menurut Gittleman, air lemon juga dapat membersihkan langit-langit mulut. Di dalam tubuh, air lemon juga membantu untuk membasuh ginjal dengan lembut. Lemon membantu membersihkan sistem limfatik, serta sistem lain yang menghilangkan racun dari tubuh.

Lemon dapat membantu mengurangi selulit karena buah ini dapat merangsang aliran darah ke kulit dan membantu tubuh untuk membuang limbah. "Lemon juga meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk memetabolisme lemak," jelas Gittleman.

Tak hanya itu, jus lemon juga menyediakan vitamin C dalam jumlah tinggi. Menurut U.S. Department of Agriculture, satu buah lemon memberikan 30,7 mg vitamin C. Jumlah harian yang disarankan adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

Orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki sistem pencernaan yang lebih efisien ketimbang orang yang tidak atau sedikit konsumsi vitamin C. Lemon juga meningkatkan keasaman sistem pencernaan, yang membantu Anda lebih menyerap kalsium. Penyerapan kalsium membantu menurunkan berat badan karena kalsium disimpan dalam sel lemak. Semakin banyak kalsium dalam sel lemak, maka semakin mudah untuk merangsang membakar lemak tersebut.

Vitamin C juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah penyakit jantung koroner dan menurunkan risiko stroke, katarak dan asam urat. Menurut Oregon State University, vitamin ini juga merupakan antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko kanker bila dikonsumsi melalui buah-buahan segar.

Kandungan per 100 gram buah lemon
Energi            : 29
Protein           : 1.1
Karbohidrat   : 9.32
Lemak           : 0.3
Serat             : 2.8  
Vit. A- (ui)     : 19  
Vit. B6 -(mg) : 0.051  
Vit. C-(mg)    : 46  
Vit. E-(µg)     : 0.15  
Vit. K-(µg)    : 0

0 comments:

Posting Komentar